Moral anak bangsa


Dewasa ini, moral anak bangsa semakin menurun. Terbukti dengan banyaknya tingkat kriminalitas yang semakin menjamur di daerah lingkungan kita. Bukti lainnya banyak anak muda sekarang yang membantah perkataan orang tuanya, memperlakukan orang tua seperti musuhnya, bahkan tidak jarang kita menemukan anak sekolahan khususnya SMA yang sudah hamil di luar nikah.

Semua itu terjadi disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, faktor orang tua, orang tua mempunyai peranan penting dalam membangun moral seorang anak. Seorang ibu merupakan sekolah pertama bagi seorang anak. Pendidikan yang diberikan ibu sangat berpengaruh dalam pembentukan moral. Jika seorang anak ditanamkan disiplin sejak dini, maka ketika dewasa ia akan membiasakan hidup disiplin, sebaliknya jika seorang anak tidak ditanamkan disiplin sejak dini, maka ketika dewasanya ia akan hidup semau dirinya tanpa ada rasa disiplin

Kedua, faktor teman, jika seorang anak mulai membantah perkataan orang tuanya, lihatlah dengan siapa ia berteman. Ada sebuah kutipan yang mengatakan “jika berteman dengan tukang minyak wangi, maka wangilah ia”. Hal ini membuktikan bahwa seorang teman sangatlah berpengaruh bagi kehidupan seorang anak. Apa sebabnya? Mungkin ia lebih sering bertemu dengan temannya dibanding bertemu orang tuanya. Rasa solidaritas pun tumbuh, sehingga ia mengikuti tingkah laku temannya.

Ketiga, faktor teknologi, teknologi yang terus berkembang mempunyai dampak positif dan negatif, diantaranya internet. Dengan internet kita dapat mencari ilmu pengatahuan. Namun di dalam internet juga terdapat hal yang negatif seperti pornografi. Sehingga banyak anak muda yang melakukan hubungan yang terlarang

Kesimpulannya, semua tersebut disebabkan oleh para orang tua yang acuh tak acuh kepada anaknya. Oleh karena itu, didiklah anak dengan sebaik-baiknya. Sampai kapan kita mau melihat moral anak bangsa yang semakin menurun? Mulailah dari sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s