Kenalan yuk dengan HSPA & EVDO


Kebutuhan koneksi data yang terbilang tinggi di Negara kita membuat populasi perangkat termasuk ponsel, tablet dan modem yang menyediakan akses data dengan kecepatan kian menjamur. Dua teknologi dewasa ini yang banyak diadopsi adalah EVDO dan HSPA.

EVDO (Evolution Data Optimized) merupakan teknologi mobile broadband generasi ketiga 3G yang bergerak di jaringan CDMA dan mampu memberikan kecepatan data lebig tinggi dari 2 Mbps dalam lingkungan mobile.

CDMA EVDO terdiri dari tiga standar utama sebagaimana ditentukan oleh 3GPP2 sebagai bagian dari CDMA 2000 standar yaitu :

–          CDMA2000 1xEVDO Release 0 (Rel 0)

–          CDMA2000 1xEVDO Revisi A (Rev A)

–          CDMA2011 1XEVDO Revisi B (Rev B)

CDMA EVDO menggunakan jaringan CDMA 2000 untuk menyediakan akses kepada perangkat telekomunikasi jaringan bergerak dengan interface pada kecepatan 2.4 Mbps untuk EVDO Rev.0, kecepatan 3.1 Mbps untuk EVDO Rev.A, dan untuk EVDO Rev.B fase 2 yang diluncurkan oleh smartfren sudah mendukung akses internet hingga kecepatan 14.7 Mbps.

Teknologi EVDO Rev.B fase 2 adalah layanan akses internet broadband berkecapatan tinggi yang setara dengan teknologi GSM 3.5G. Revisi sebuah jaringan mampu memberikan kualitas lebih baik karena memiliki kecepatan data yang mirip dengan HSDPA.

Sementara HSPA (High Speed Packet Access) adalah terminologi yang  digunakan untuk mengacu pada HSDPA (3GPP Release 5) dan HSUPA (3GPP Release 6), yang berbasis teknologi 3.5G GSM dan memiliki kecepatan jauh lebih tinggi dibanding 3G dan GPRS.

Secara teoritis kecepatan data HSPA bisa naik menjadi 14.4 Mbps downlink dan uplink 5.8 Mbps, 3-4 kali lebih cepat dibanding kecepatan downlink 3G dan 15 kali lebih tinggi dari GPRS. Tetapi jaringan saat ini hanya mampu memberikan 3.6 Mbps downlink dan 500 Kbps untuk uplink.

HSDPA memungkinkan adanya internet yang cepat, video streaming dan video conference. Dalam kondisi prima, kecepatan HSDPA jelas lebih baik ketimbang koneksi internet kabel alias DSL (Digital Subsciber Line)

Informasi tambahan kecepatan terakhir yang dirilis oleh teknologi ini adalah HSDPA+, dengan kecepatan download mencapai 42 Mbps dan 84 Mbps dalam rilis ke 9 dari standar 3GPP.

Secara garis besar perbedaan EVDO dan HSPA antara lain :

  • Bandwith radio interface yang digunakan CDMA adalah 1.25 MHz sementara HSPA memanfaatkan bandwith 5 MHz.
  • Data rates untuk kecepatan EVDO adalah 14.7 Mbps sedangkan HSPA hingga 14.4 Mbps.
  • Standar CDMA EVDO dikembangkan dengan jaringan 3G dan HSPA dianggap sebagai jaringan 3.5G.

sumber : Tabloid Pulsa edisi 220

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s