Cobol – Pendahuluan


COBOL (Common Business Oriented Language) adalah suatu bahasa komputer awam yang berorientasi langsung pada permasalahan bisnis. COBOL hampir dapat digunakan pada semua komputer bila tersedia compiler COBOL tersebut. COBOL diciptakan pada tahun 1959. Pengembangan bahasa COBOL selanjutnya dilakukan oleh suatu grup yang disebut CODASYL (Conference on Data System Language).

Bahasa COBOL pertama kali diperkenalkan secara formal pada bulan Januari 1960. Versi dari bahasa COBOL ini disebut dengan COBOL-60 dan diperbaharui pada tahun 1965. Bila suatu bahasa komputer tidak standard, dalam arti banyak versinya, maka akan menyulitkan pemakai untuk menerapkannya, pemakai harus menyesuaikan versi dari bahasa COBOL yang dipakai oleh komputer tertentu. Untuk mengatasi hal ini, pada tahun 1968 dan 1974 bahasa COBOL dikembangkan dan disempurnakan lebih lanjut serta distandarisasikan dengan nama ANSI COBOL (American Nasional Standars Institute). ANSI COBOL ini sekarang banyak diterapkan oleh sejumlah pabrik-pabrik komputer. Dengan adanya standarisasi, pemakai tidak terlalu sulit menggunakan bahasa COBOL versi yang berbeda, karena inti dari bahasa itu sama.

Misalnya untuk komputer mikro, yang menggunakan system operasi CP/M atau MS-DOS atau PC-DOS, perusahaan software Microsoft, mengembangkan bahasa COBOL yang disebut dengan COBOL-80 atau MS-COBOL (Microsoft COBOL). Versi ini mengikuti standard dari ANSI yang distandarisasikan pada tahun 1974 (American National Standart nomer x3.23 – 1974)  sehingga versi ini bersifat standard

sumber : teori dan aplikasi program komputer bahasa cobol, Jogiyanto Hartono

 

One Comment Add yours

  1. Brian says:

    Very nice, thanks for the post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s