Kesalahan Saat Mengatur Keuangan


Siapa diantara kamu yang belum pernah mengalami masalah dalam mengatur keuangan? Pasti semua orang pernah mengalaminya – termasuk saya. Masalah dalam mengatur keuangan sudah termasuk kedalam masalah keseharian dalam hidup ini.

Masalah dalam mengatur keuangan seperti terjebak dengan penggunaan kartu kredit yang berlebihan atau hal mendesak saat anda harus dirawat di rumah sakit, bisa membuat kita terkadang pusing tujuh keliling.

Masalah mengatur keuangan tentu bisa terjadi karena pengelolaannya. Kamu tentu bertanya,”kenapa bisa mengalami masalah saat mengatur keuangan?” “perasaan selama ini semua detail sudah dilakukan…” nah, mungkin kamu menyepelekan hal-hal mendasar yang bisa mengakibatkan kesalahan dalam mengatur keuangan seperti dibawah ini:

  • Kurang Waktu dalam Mengelola Keuangan

Dari 24 jam waktu yang kamu miliki coba lebih prioritaskan waktu untuk mengatur keuangan. Kalau kamu tidak punya waktu sepulang dari kantor karena efek lelah, coba jadwalkan pengelolaan keuangan pada hari weekend (Sabtu dan Minggu).

Isi kegiatan kamu ini, dari membayar tagihan kartu kredit, mencatat pengeluaran selama seminggu ini. Selalu ingat, semakin Anda menunda pekerjaan ini, semakin sulit Anda menjadikan pembukuan keuangan sebagai kebiasaan Anda.

  • Malas Mencatat dalam Mengatur Keuangan

Adakah dari kamu yang saat membaca point ini bereaksi: pentingkah mencatat keuangan? Kembali lagi mengenai hal sepele yang kamu lupakan, seperti pengeluaran untuk beli pulsa yang kadang berlebihan, atau kamu yang suka belanja majalah, atau kamu yang hobby nongkrong. Kalau disadari contoh diatas merupakan kebiasaan yang bisa merusak jika kamu tidak pandai mengaturnya.

Tapi ada cara praktis untuk melacak kemana perginya uang kamu, coba trik “amplop”. Gunakan satu amplop saja untuk pengeluran mingguan atau bulanan kamu. Dengan itu kamu mengetahui berapa yang kamu habiskan dalam seminggu atau sebulan. Tapi ingat, batasi pengeluaran kamu sebanyak uang yang terdapat dalam amplop.

  • Utang, Baik atau Tidak?

Sebagian banyak orang kalau mendengar kata “utang” pasti sudah men-judge, kalau utang itu buruk dan di-cap negatif. Tapi jangan salah, dengan utang kamu bisa melanjutkan sekolah, bisa membeli apartemen yang kemudian kamu sewakan (sehingga pembayaran sewa bisa digunakan untuk membayar cicilannya), bahkan bisa menyediakan modal usaha untuk kamu.

Takut berutang kadang-kadang bisa membuat kamu kehilangan kesempatan. Namun terlalu banyak berutang, apalagi jika utang tersebut melebihi kemampuan kamu untuk membayar cicilannya malah bisa mengakibatkan kekacauan dalam kondisi keuangan kamu. Intinya, utang tidak akan menghancurkan hidup seseorang, jika kamu bisa memanfaatkannya.

  • Tidak Memahami Soal Investasi

Rata-rata masih banyak orang Indonesia yang belum “melek” akan yang namanya investasi. Kebanyakan dari mereka belum siap dan tidak mau tau, saat mendengar kata “investasi”. Padahal dengan melakukan investasi, uang kita jadi lebih aktif ketimbang kita hanya menyimpannya di Bank. “don’t put your eggs on the same egg-rate” – jangan taruh uang kamu pada satu tempat.

Dengan maraknya investasi finansial, seperti trading online bisa menjadi turning point kamu. Coba pelajari berbagai produk dari trading online, seperti trading index, gold ataupun forex. Pelajari hal-hal yang harus diperhatikan seperti tingkat resikonya dan manfaat apa dari bertrading masing-masing produk itu. Siapkan uang khusus untuk memulai trading, jangan menggunakan uang keseharian – yang ada malah menjadi kesalahan dalam mengatur keuangan.

Well, setiap manusia tak lepas dari kesalahan – termasuk kesalahan dalam mengatur keuangan. Entah itu kesalahan diri sendiri ataupun karena keadaan yang terjadi dan medesak. Jadi jangan sesali dulu tindakan yang sudah berlalu, justru sekarang saatnya kamu bangkit lagi dan memperbaikinya. Terlebih memperbaiki kebiasaan yang berhubungan dalam mengatur keuangan.

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s