Tugas Jaringan Episode 2 : Tipe Jaringan Komputer


Switched Network

Switched network adalah sebuah alat jaringan yang melakukan penjembatan taktampak (penghubung penyekatan (segmentation) banyak jaringan dengan pengalihan berdasarkan alamat MAC).

Switched network dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau penghala pada satu area yang terbatas, pengalih juga bekerja pada lapisan taut data (data link), cara kerja pengalih hampir sama seperti jembatan (bridge), tetapi switch memiliki sejumlah porta sehingga sering dinamakan jembatan pancaporta (multi-port bridge).

Circuit Switched Network

Dalam dunia telekomunikasi, jaringan circuit switching adalah jaringan yang mengalokasikan sebuah sirkuit (atau kanal) yang dedicated di antara nodes dan terminal untuk digunakan pengguna untuk berkomunikasi. Sirkuit yang dedicated tidak dapat digunakan oleh penelepon lain sampai sirkuit itu dilepaskan, dan koneksi baru bisa disusun. Bahkan jika tidak ada komunikasi berlangsung pada sebuah sirkuit yang dedicated, kanal tersebut tetap tidak dapat digunakan oleh pengguna lain. Kanal yang dapat dipakai untuk hubungan telepon baru disebut sebagai kanal yang idle.

Packet Switched Network

Sebuah jaringan packet-switched adalah jaringan komunikasi digital yang kelompok semua data yang ditransmisikan, terlepas dari konten, jenis, atau struktur ke blok berukuran yang sesuai, yang disebut paket. Jaringan di mana paket ditransmisikan adalah jaringan bersama yang rute setiap paket independen dari semua orang lain dan menyediakan sumber daya transmisi yang diperlukan.

Tujuan utamanya adalah untuk mengoptimalkan pemanfaatan kapasitas link yang tersedia, meminimalkan waktu respon dan meningkatkan ketahanan komunikasi. Ketika melintasi adapter jaringan, switch dan node jaringan lainnya, paket buffer dan antri, mengakibatkan keterlambatan variabel dan throughput, tergantung pada beban lalu lintas dalam jaringan.

Broadcast Network

Sebuah broadcast network adalah sebuah organisasi, seperti perusahaan atau asosiasi sukarela lainnya, yang menyediakan siaran langsung atau rekaman konten, seperti film, berita, olahraga, urusan pemrograman public, dan program televisi lainnya untuk siaran selama sekelompok stasiun radio atau televisi stasiun. Kebanyakan jaringan terutama baik jaringan televisi atau jaringan radio, meskipun beberapa organisasi menjalankan kedua jenis jaringan.

Media streaming, internet webcasting radio kadang-kadang dianggap sebagai bentuk penyiaran meskipun kurangnya stasiun siaran, dalam hal ini praktisi juga dapat disebut “broadcasters” atau bahkan “broadcast networks”.

Packet Radio Network

Packet radio adalah bentuk teknologi packet switching yang digunakan untuk mengirimkan data digital melalui radio atau komunikasi nirkabel link. Ia menggunakan konsep yang sama transmisi data melalui Datagram yang fundamental untuk komunikasi melalui Internet, yang bertentangan dengan teknik terdahulu yang digunakan oleh dedicated atau switched circuits.

Satelite Network

Akses internet satelit adalah akses internet yang disediakan melalui satelit. Satelit layanan Internet yang modern biasanya diberikan kepada pengguna di seluruh dunia melalui satelit geostasioner yang dapat menawarkan kecepatan data yang tinggi, dengan satelit terbaru mencapai kecepatan hingga 18 Mbps.

 

Local Network

Jaringan wilayah lokal (bahasa Inggris: local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

–      Mempunyai pesat data yang lebih tinggi

–      Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit

–      Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

sumber_1

sumber_2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s