Pemanfaatan Telematika


Telematika, mungkin kata tersebut sudah tidak asing di telinga kita, tapi apakah kita paham arti dari telematika itu sendiri? Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya kita memahami arti dari telematika itu sendiri.

Menurut Wikipedia.com telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.

Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).

Salah satu milis internet Indonesia terbesar adalah milis Telematika. Dari milis inipun tidak ada penjelasan mengapa milis ini bernama telematika, yang jelas arsip pertama kali tercatat dikirimkan pada tanggal 15 Juli 1999. Dari hasil pencarian di arsip mailing list Telematika saya menemukan salah satu ulir diskusi menarik (membutuhkan login) tentang penamaan Telematika yang dikirimkan oleh Paulus Bambang Wirawan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telematika merupakan sistem yang menggabungkan telekomunikasi dan informasi. Contoh nyata adalah e-Government, e-Commerce, e-Library dan lain sebagainya. Kali ini, penulis akan sedikit membahas tentang e-library(perpustakaan elektronik).

Perpustakaan merupakan suatu tempat yang sangat dibutuhkan manusia, khususnya para pelajar yang sedang menimba ilmu. Di dalamnya terdapat banyak buku-buku yang berisi berbagai ilmu pengetahuan.  Namun, pernahkah anda mengalami ketika ingin meminjam buku, buku tersebut habis atau mungkin sudah tidak tersedia lagi di perpustakaan, atau jarak perpustakaan jauh dari tempat tinggal anda. Masalah tersebut dapat diatasi dengan adanya sistem e-Library. Semua database buku yang tersedia diperpustakaan terdapat pada e-Library tersebut, sehingga memudahkan teman-teman dalam mencari buku sebagai referensi dan sebagainya.

Berikut video pemanfaatan e-Library :

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s