Berkenalan Lebih Jauh dengan Sibutramine


Di awal tahun ini, saya akan awali dengan pembahasan tentang sibutramine. Mungkin anda akan bertanya-tanya, apa sih sibutramine? Apakah sejenis kue? Atau sejenis binatang? Atau tempat destinasi wisata? Yang jelas bukan dari itu semua, sibutramine adalah zat kimia yang digunakan untuk para penderita obesitas (kelebihan berat badan) secara oral, adapun cara kerja sibutramine adalah dengan menghambat pengembalian norepinefrin dan serotonin di celah sinaps. Akibatnya, nafsu makan ditekan dan pemakaian energi ditingkatkan. Efek samping sibutramine adalah sakit kepala, insomnia, peningkatan tekanan darah, dan takikardi. Dosis lazim dalam penggunaan sibutramine adalah 5-15 mg/hari.

Namun, apakah sibutramine ini benar-benar aman untuk dikonsumsi? Berdasarkan hasil studi SCOUT (Sibutramine on Cardiovascular Outcomes Triaf) ternyata sibutramine ini meningkatkan risiko kejadian kardiovaskular. Dengan hasil studi tersebut BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) menarik semua obat diet yang mengandung sibutramine ini, tepatnya pada tanggal 14 Oktober 2010.

Apakah obat ini benar-benar hilang dari perederannya? Saya mencoba untuk browsing obat-obat yang dilarang BPOM tersebut. Sungguh sangat disayangkan, ternyata obat ini masih berkeliaran bebas, bahkan sudah sampai di online shop besar yang terdapat di Indonesia.

Tulisan ini berdasarkan keresahan saya terhadap obat diet yang tersebar di Indonesia. Saya pernah menggunakan obat diet yang ternyata mengandung sibutramine. Memang berat badan turun drastis selama sebulan, efek yang saya rasakan bibir kering, sedikit pusing, mudah lelah. Setelah saya menghentikan konsumsi obat tersebut, nafsa makan saya kembali seperti semula, alhasil berat badan pun naik seperti semula.

Saran untuk yang merasa obesitas seperti saya, cobalah untuk jalan pagi setiap hari minimal 30 menit. Jangan terlalu banyak makan makanan berat ketika sarapan. Perbanyak minum air putih. Saya pun sedang menjalani, tapi terkadang semangat itu kalah dengan rasa males. So, yuk sama-sama kita hidup sehat tanpa obat.

Sumber : Kompas

Sumber : Wikipedia

Sumber : Wikipedia

Leave a Reply

