5 Fungsi Parfum yang Anda Gunakan


Parfum merupakan kebutuhan yang tidak bisa diremehkan. Pada saat ini, parfum mungkin sudah mencapai tingkat kebutuhan sekunder bahkan mungkin kebutuhan primer. Kenapa demikian? Dikarenakan parfum memiliki berbagai fungsi, fungsi parfum diantaranya :

  1. Sebagai pewangi badan dan pakaian

Fungsi ini merupakan fungsi utama parfum, karena dengan parfum badan dan pakaian kita menjadi wangi. Berbagai aroma yang dikeluarkan parfum, aroma kayu, bunga maupun buah-buahan

  1. Meningkatkan mood si pengguna parfum

Percaya atau tidak, parfum ini bisa meningkatkan mood seseorang. Aroma wangi yang dihasilkan parfum dapat membuat anda tenang serta membangkitkan semangat.

  1. Membentuk karakter seseorang

Karakter seseorang dapat dicium dari aroma parfum. Karakter sensitif, ia akan memakai parfum beraromakan bunga. Karakter maskulin, ia akan memakai parfum beraromakan kayu.

  1. Sebagai aromaterapi

Dikutip dari laman Okezone, berikut ini beragam jenis aroma parfum dan pengaruhnya bagi mood atau kesehatan:

Peppermint – Aroma mint membantu pikiran mudah berkonsentrasi dan berpikir jernih. Selain itu, mint ikut meningkatkan stamina fisik.
Mawar – Bau bunga melati akan menjadikan Anda ceria dan bersemangat.
Melati – Aroma bunga melati membantu tidur Anda lebih lelap.
Kopi – Jika suka kopi, maka aromanya memudahkan seseorang lebih bersemangat.
Kayu manis – Bau kayu manis akan memperbaiki suasana hati, tenaga da n konsentrasi.
Jeruk – Aroma buah jeruk mampu melancarkan peredaran oksigen di otak dan meningkatkan imunitas.
Lemon –  Bau lemon akan memperbaiki mood dan stamina.
Grapefruit –  Buah grapefruit memliki aroma yang dapat meningkatkan kemampuan memori dan koordinasi tangan maupun mata. Sebuah studi mengungkap, aroma grapefruit yang dihirup saat menggunakan komputer bisa meningkatkan daya tanggap.
Bunga Germanium –  Aroma lavender membantu meredakan rasa sakit pada waniya yang sedang haid. Selain itu dipercaya pula dapa menyeimbangkan produksi hormon.
Lavender –  Lavender membantu menenangkan perasaan dengan cepat.
Chamomille –  Aroma chamomile diyakini menjadikan pikiran rileks, membuat tidur lebih nyenyak, hingga meredakan sakit perut.

  1. Untuk memikat lawan jenis

Mungkinkah dengan parfum dapat memikat lawan jenis? Didalam tubuh kita, mengeluarkan aroma yang dihasilkan oleh feromon. Feromon ini lah yang nantinya akan memikat lawan jenis dengan memberikan sinyal  ke VMO( di dalam hidung/indra pencium) dan dijangkau oleh bagian otak bernama hipotalamus. Dengan demikian, para pencipta parfum mencoba untuk mencampur zat yang dikeluarkan feromon tersebut dengan parfum.

So, pilihlah parfum yang sesuai dengan karakter anda, sehingga parfum tersebut membuat anda nyaman dalam menggunakannya.

Sumber : Wikipedia

Sumber : Sidomi.com

Sumber : Sindonews.com

Leave a comment